Skip to content

TUGAS 2: ANALISIS INTERNAL PERUSAHAAN FARMASI

January 11, 2013

TUGAS 2
LINGKUNGAN BISNIS

OLEH :
YULIANA RETNAYATI P. PAYONG
2011/20018/MAF

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
ISTI EKATANA UPAWEDA
YOGYAKARTA
2012

ANALISIS INTERNAL PERUSAHAAN FARMASI

1. aspek –aspek yang perlu di analisis :

o Evaluasi strategi masa kini (present strategy)
o Kekuatan dan kelemahan sumber daya, peluang eksternal dan ancaman
o Struktur biaya perusahaan dibanding pesaing
o Posisi kekuatan bersaing perusahaan di banding pesaing
o Issue strategik yang dihadapi perusahaan
o analisis strategi masa kini
o Pendekatan bersaing perusahaan L1Low Cos Leader atau diferensiasi produk.
o Melayani spektrum luas atau Niche Market
o Bagaimana strategi fungsionalnya seperti Produksi, Marketing, Keuangan, SDM, TI, dan Inovasi Produk
2. Dua indikator empiric :
• Apakah perusahaan dapat mencapai target keuangannya sasaran keuangan dan dan tujuan strategiknya.
• Apakah kinerja perusahaan diatas rata-rata industri
3. Aktulisasi kinerja strategi perusahaan dapat dilihat pada aspek :
o Pertumbuhan penjualan
o Profit margin naik dan turun
o Net profit, ROI, EVA
o Leader in technology, product inovation,produk quality
o Identifikasi kelemahan perusahaan dan defisiensi sumber daya
4. Kelemahan internal perusahaan dapat menyebabkan :
a. Defisiensi dalam ketrampilan bersaing
b. Kekurangan dalam kemampuan bersaing secara fisik, organisasional atau Intangible Assets
c. Kehilangan atau kelemahan kapabilitas bersaing dalam area kunci
5. Identifikasi Kompetensi perusahaan dan kapabelitas :
a. Apa yang terbaik yang dilakukan oleh perusahaan
b. Hasil dari pengalaman dan pembelajaran yang akumulatif
c. Yang membedakan dengan pesaing
d. Dirasakan oleh pelanggan
e. Meningkatkan daya saing
f. Identifikasi peluang pasar
g. Identifikasi peluang pasar sangat penting bagi strategi perusahaan
h. Peluang pasar sangat relevan dengan Profitable Growth
i. Keunggulan daya saing perusahaan harus selaras dengan keuangan perusahaan dan kapabilitas sumber daya perusahaan
j. Identifikasi ancaman terhadap profitabilitas perusahaan di masa depan
6. Faktor-faktor lingkungan ekternal dapat menjadi ancaman profitabilitas perusahaan dan daya saingnya
o Ancaman-ancaman tersebut antara lain:
a. Teknologi baru yang lebih murah/baik
b. Produk inovasi baru pesaing
c. Regulasi baru
d. Lower cost dari pesaing
7. Hal yang perlu diperhatikan :
o Harus ada kesesuaian antara peluang pasar dan kapabilitas sumber daya perusahaan
o Lakukan suatu tindakan untuk melawan ancaman eksternal yang dapat membahayakan perusahaan
o Struktur Biaya Perusahaan di banding dengan pesaing
o Melakukan evaluasi terhadap struktur biaya perusahaan dibandingkan dengan pesaing adalah merupakan bagian penting dari analisis situasi perusahaan
8. Disparitas biaya dapat terjadi mulai dari hal-hal sederhana sampai yang signifikan :
a. Harga bahan, suku cadang, energi
b. Teknologi yang digunakan, usia pabrik dan peralatan
c. Perbedaan biaya produksi, marketing dan promosi
d. Dan lain-lain
9. Kekuatan dan posisi daya saing perusahaan :
a. Assesment yang sistematik terhadap posisi daya saing perusahaan secara menyeluruh adalah merupakan tahapan esensial dalam melakukan analisis situasi perusahaan
10. Isue Strategik yang dihadapi perusahaan
a) Tantangan persaingan global
b) pertempuran dengan produk inovasi lawan
c) menjaga pertumbuhan perusahaan
d) apakah strategi sekarang telah memadai untuk proteksi dan improving posisi market.

BAB III
PENUTUP

Berdasarkan analisa situasi dan dengan memperhatikan studi kelayakannya, maka pendirian Apotek KASIH di Pasar Beiabuk Nusa Tenggara Timur mempunyai prospek yang cukup bagus, baik ditinjau dari segi pelayanan maupun usahanya serta Analisis internal perusahaan farmasi yang bekerja sama dengan apotek KASIH sangat menunjang perkembangan dan pelayanan apotek tersebut.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment